Pemerintah Rusia Menciptakan "facebook" Nya Sendiri



Pemerintah Rusia Menciptakan

Pemerintah Rusia mengatakan tengah bersiap untuk meluncurkan jejaring sosialnya sendiri sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan efektifitas internet bagi para penduduk Rusia. The Guardian melaporkan bahwa Kremlin sedang bekerja untuk membuat jejaring sosial yang memiliki gaya yang mirip dengan facebook, lengkap dengan personal accounts dan forum untuk mendiskusikan berita terkini. Dikabarkan pula bahwa Kremlin akan mulai online Juni ini.

"Facebook" baru Kremlin ini akan menjadi ekstensi dari RussiaWithoutIdiots yang merupakan sebuah situs untuk menampung keluhan warga terhadap para pegawai pemerintahan sudah lebih dulu diluncurkan awal tahun ini. Pemerintahan Rusia memang tengah mencoba untuk menemukan respon yang tepat untuk mengatasi masalah isu-isu korupsi, pembangkangan dan penindasan yang telah berkembang.

Proyek ini didukung oleh Mantan Presiden Rusia yang saat ini menjabat sebagai perdana menteri, Dmitry Medvedev dan diharapkan situs ini akan mendapat bantuan dari pihak swasta. The Guardian juga mengatakan tentang fitur personal accounts bagi pengguna. Meskipun belum ada syarat dan ketentuan pasti untuk menjadi member, pengguna sudah akan dapat meng-upload konten, meskipun belum jelas juga apakah konten tersebut akan di-upload ke account pribadi pengguna atau ke forum yaang bisa didskusikan.

"Facebook" dari Kremlin ini diharapkan dapat mengusung sebuah jaringan baru yang akan membawa teknologi informasi kedalam tatanan pemerintahan. Bahkan, Medvedev, ujung tombak dari gerakan ini, baru-baru ini dikabarkan telah mengharuskan semua menterinya untuk menggunakan iPads dan forego paper notes selama pertemuan kabinet.

Meskipun banyak yang memandang skeptis terhadap proyek ini, saya rasa jejaring sosial buatan pemerintah Rusia ini merupakan sebuah cara yang baik untuk membangun komunikasi dua arah antara pemerintah dengan rakyatnya. Sepertinya Indonesia perlu meniru langkah ini. ^_^

Follow On Twitter